Kamis, 14 Januari 2016

Nassariidae



BAB I
PENDAHULUAN

A.    PEMBAHASAN
Lautan merupakan lingkungan hidup yang sangat luas, di dalamnya terkandung sumberdaya yang berlimpah jumlahnya dan mempunyai potensi yang besar dan dicirikan dengan ekosistem khas seperti terumbu karang, lamun dan hutan mangrove. Hutan mangrove merupakan ekositem peralihan antara daratan dan lautan, juga mempunyai manfaat ganda serta merupakan mata rantai yang sangat penting dalam memelihara kesinambungan siklus biologi suatu perairan.
Ekosistem hutan mangrove dapat menyediakan habitat yang baik bagi kolonisasi berbagai fauna yaitu dengan adanya naungan, substrat dasar yang lembab, pohon sebagai tempat menempel dan yang terpenting yaitu kelimpahan detritus organic sebagai makanan (Kusrini, 1988). Selanjutnya mereka membagi fauna hutan mangrove berdasarkan habitatnya yaitu: (1) Fauna yang hidup di atas permukaan tanah (surface fauna/epifauna), (2) Fauna yang hidup meliang di dalam tanah (infauna) dan (3) Fauna yang hidup menempel di pohon mangrove.
Reksodihardjo dkk (1986), mengemukakan bahwa salah satu gastropoda yang mendominasi ekosistem mangrove adalah dari family Potamididae. Keong Potamididae merupakan penghuni asli hutan mangrove dan hidup di daerah yang terkena pasang surut serta menyukai areal berlumpur (Heryanto dkk, 1986). Peranannya di lingkungan biota dapat dilihat dari kehadiran berbagai biota yang menggunakan hutan mangrove sebagai tempat memijah, asuhan, pembesaran, mencari makan, bernaung, persembunyian dari berbagai macam biota (Supriharyono, 2000).
Budiman (1991) dalam Potalangi (1997) membagi jenis-jenis moluska yang hidup di hutan mangrove menjadi tiga kelompok sebagai berikut:
1. Jenis-jenis moluska asli hutan mangrove, adalah jenis moluska yang seluruh dan sebagian besar waktu hidup dewasanya dihabiskan di hutan mangrove umumnya merupakan pemakan serasah, dengan sebaran dari bagian tengah sampai ke belakang hutan mangrove.
2. Jenis-jenis moluska fakultatif, adalah jenis moluska yang menggunakan hutan mangrove sebagai salah satu tempat hidupnya. Umumnya hidup di bagian pinggiran hutan, baik ke arah pantai atau ke arah darat.
3. Jenis-jenis moluska pengunjung, adalah jenis-jenis yang secara tak sengaja di dalam hutan mangrove. Umumnya hadir di sekitar perbatasan antara hutan dan ekosistem tempat hidupnya.
Salah satu kelompok moluska penyusun fauna mangrove adalah gastropoda (Kartawinata dkk, 1979 dalam Boneka, 1993).
            Berdasarkan pembahasan diatas, maka penulis tertarik melakukan penulisan makalah dengan judul

B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penulisan makalah ini adalah
1.      Apa itu Nassariidae?
2.      Apa ciri-ciri dari Nassariidae?
3.      Bagaiman Morfologi dari family Nassaridae?
4.      Dimanakah habitat dari family Nassariidae?
C.     Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini antara lain:
1.      Apa itu Nassariidae?
2.      Apa ciri-ciri dari Nassariidae?
3.      Bagaiman Morfologi dari family Nassaridae?
4.      Dimanakah habitat dari family Nassariidae?

BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian Nassariidae






Gbr. Nassarius dorsartus

B.     Ciri-ciri Nassariidae
Ciri-ciri Sebagian besar spesies Nassarius adalah pemulung sangat aktif. Memakan kepiting dan ikan yang sudah mati. Mereka sering masuk ke dalam liang substrat kemudian menunggu mangsanya. Ketika mencium bau makanannya, Nassarius akan keluar dan menonjolkan tubuhnya.
C.     Morfologi Nassariidae dorsatus
Nassariidae dorsatus adalah spesies yang sering dipilih untuk laut hiasan akuarium. Hal ini sering membuat bingung dengan Nassarius Oboletus. Dalam akuarium, nassariidae dianggap sangat diperlukan untuk menjaga tempat pasir agar tetap bersih, karena siput ini cendrung hidup dibagian liang dan bergerak melalui lapisan atas dengan cara mencampurkan seluruh bagian pasir yang dilaluinya sehingga tidak terjadi penumpukan kotoran, menjaga alga dan detritus yang tampak dipermukaan.
Kerang dari jenis Nassariidae sangat populer dikalangan kolektor, dan kadang-kadang digunakan dalam bentuk perhiasan dan dekorasi.
Taksonomi Nassarius dorsatus
Informasi taksonomi Nassariidae dorsatus disediakan pada table berikut.
                        Tabel. Informasi Taksonomi Nassarius dorsatus
Informasi Taksonomi
Kingdom
Animalia
Phylum
Mollusca
Class
Gastropoda Orthogastropoda
Order
Neogastropoda
Sub Family
Buccinoidea
Family
Nassaridae

D.    Habitat Nassaridae
Nassariidae yang hidup di laut dapat dijumpai di berbagai lingkungan dan bentuknya beradaptasi dengan lingkungannya tersebut (Nontji, 1987). Barnes(1987) menyebutkan beberapa Nassariidae hidup menempel pada subtract yang keras, tetapi ada juga yang hidup pada subtract seperti lumpur dan pasir.






BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
B.     Saran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar